Jumat, 23 April 2010
bob marley-redemption song
Sold I to the merchant ships,
Minutes after they took I
From the bottomless pit.
But my hand was made strong
By the ‘and of the Almighty.
We forward in this generation
Triumphantly.
Won’t you help to sing
These songs of freedom? -
‘Cause all I ever have:
Redemption songs;
Redemption songs.
Emancipate yourselves from mental slavery;
None but ourselves can free our minds.
Have no fear for atomic energy,
‘Cause none of them can stop the time.
How long shall they kill our prophets,
While we stand aside and look? Ooh!
Some say it’s just a part of it:
We’ve got to fulfil de book.
Won’t you help to sing
These songs of freedom? -
‘Cause all I ever have:
Redemption songs;
Redemption songs;
Redemption songs.
Minggu, 04 April 2010
Steven & Coconut Treez – Trully kawan
Intro G C D 6x
G Em
Kita di sini nikmati waktu
Am D
Bercanda menari tak jemu-jemu
G Em
Bersama kita terbang melayang
Am D
Hingga rasanya gak landing-landing
Intro G C D 2x
G Em
Kita bersulang, kita berdendang
Am D
Berdansa hingga mentari menjelang
G Em
Bersama kita lupakan semua gundah
Am D
Dan semuanya yang gak penting
G Em Am
Ku rasa bahagia
D G
Semua terlihat sempurna
Em Am
Tapi akankah dan apakah
D G D
Semua tulus adanya
Chorus
G Em
Pabila ku terjatuh nanti
Am D
Badan gak mampu tuk berdiri
G Em
Akankah kau slalu menjadi
Am D
Kawan yang setia menemani
G Em
Pabila ku gak jaya lagi
Am D
Gak bisa ngajak party-party
G Em
Akankah kau tetap peduli
Am D
Dan membawa terbang, bawaku terbang kembali
Intro G C D 2x
G Em Am D 2x
G Em Am
Ku rasa bahagia
D G
Semua terlihat sempurna
Em Am
Tapi akankah dan apakah
D G D
Semua tulus adanya
G Em
Pabila ku terjatuh nanti
Am D
Badan gak mampu tuk berdiri
G Em
Akankah kau slalu menjadi
Am D
Kawan yang setia menemani
G Em
Pabila ku gak jaya lagi
Am D
Gak bisa ngajak party-party
G Em
Akankah kau tetap peduli
Am D G
Dan membawaku terbang bawaku terbang kembali
C D G
Bawaku terbang kembali
C D G
Bawaku terbang kembali
C D G
Bawaku terbang kembali
C D G
Bawaku terbang kembali
Steven & Coconut treez selamat jalan kawan
aku kehilangan
ku kehilangan saat bersama
saat kita pernah berbagi rasa
tak bisa kupungkiri
aku kehilangan
ku kehilangan keseimbangan
perih yang tak tertahankan
aku tak berdaya yee...
kau yang slalu ada
harus terpisahkan...
[chorus]
berangkatlah dengan tenang
bawa sebersit senyuman
doa ku panjatkan
selamat jalan kawan
apasih reggae itu ?
Meski banyak keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika), pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan aspek politis Rastafarinya. "Reg-ay" bisa dibilang muncul dari anggapan bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul Amerika namun dengan ritem yang 'dibalik' dan jalinan bass yang menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes politik, dan rudie (pahlawan hooligan).
Bentuk yang ada sebelumnya (ska & rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika - Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi 'lubang - lubang' iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer, permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.
Reggae dan rasta
Ras mengungkapkan, tidak semua penggemar reggae adalah penganut rasta, dan sebaliknya, tidak semua penganut rasta harus menyenangi lagu reggae. Reggae diidentikkan dengan rasta karena Bob Marley—pembawa genre musik tersebut ke dunia adalah seorang penganut rasta.
Ras menambahkan, salah satu bukti bahwa komunitas reggae di Indonesia sebagian besar belum memahami ajaran rastafari adalah tidak adanya pemahaman terhadap hal-hal mendasar dari filosofi itu. "Misalnya waktu saya tanya mereka tentang Marcus Garvey dan Haile Selassie, mereka tidak tahu. Padahal itu adalah dua tokoh utama dalam ajaran rastafari," ungkap pemuda yang menggelung rambut panjangnya dalam sorban ini.
Pemusik Tony Q Rastafara pun mengakui, meski ia menggunakan embel-embel nama Rastafara, tetapi dia bukan seorang penganut rasta. Tony mencoba memahami ajaran rastafari yang menurut dia bisa diperas menjadi satu hakikat filosofi, yakni cinta damai. "Yang saya ikuti cuma cinta damai itu," tutur Tony yang tidak mau menyentuh ganja itu.
Namun, meski tidak memahami dan menjalankan seluruh filosofi rastafari, para penggemar dan pelaku reggae di Indonesia mengaku mendapatkan sesuatu di balik musik yang mereka cintai itu. Biasanya, dimulai dari menyenangi musik reggae (dan lirik lagu-lagunya), para penggemar itu kemudian mulai tertarik mempelajari filosofi dan ajaran yang ada di baliknya.
Seperti diakui Hendry Moses Billy, gitaris grup Papa Rasta asal Yogya, yang mengaku musik reggae semakin menguatkan kebenciannya terhadap ketidakadilan dan penyalahgunaan wewenang. Setiap ditilang polisi, ia lebih memilih berdebat daripada "berdamai". "Masalahnya bukan pada uang, tetapi praktik seperti itu tidak adil," tandas Moses yang mengaku sering dibuntuti orang tak dikenal saat beli rokok tengah malam karena dikira mau beli ganja.
Sementara Steven mengaku dirinya menjadi lebih bijak dalam memandang hidup sejak menggeluti musik reggae. Musik reggae, terutama yang dipopulerkan Bob Marley, menurut Steven, mengajarkan perdamaian, keadilan, dan antikekerasan. "Jadi kami memberontak terhadap ketidakadilan, tetapi tidak antikemapanan. Kalau reggae tumbuh, maka di Indonesia tidak akan ada perang. Indonesia akan tersenyum dengan reggae," ujar Steven mantap.
Sila dan Joni dari Bali menegaskan, seorang rasta sejati tidak harus identik dengan penampilan ala Bob Marley. "Rasta sejati itu ada di dalam hati," tandas Sila sambil mengepalkan tangan kanan untuk menepuk dadanya.