Kamis, 25 Maret 2010

SEKILAS TENTANG MUSIK REGGAE.

Menurut sejarah Jamaica, budak yang membawa drum dari Africa
disebut "Burru" yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut
"talking drums" (drum yang bicara) yang asli dari Africa Barat.
"Jonkanoo" adalah musik budaya campuran Afrika, Eropa dan Jamaika
yang terdiri dari permainan drum, rattle (alat musik berderik) dan conch tiup.
Acara ini muncul saat natal dilengkapi penari topeng. Jonkanoos pada awalnya
adalah tarian para petani, yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya
mereka berkomunikasi dengan drum dan conch itu. Tahun berikutnya, Calypso dari
Trinidad & Tobago datang membawa Samba yang berasal dari Amerika Tengah dan
diperkenalkan ke orang - orang Jamaika untuk membentuk sebuah campuran baru
yang disebut Mento. Mento sendiri adalah musik sederhana dengan lirik lucu
diiringi gitar, banjo, tambourine, shaker, scraper dan rumba atau kotak bass.
Bentuk ini kemudian populer pada tahun 20 dan 30an dan merupakan bentuk musik
Jamaika pertama yang menarik perhatian seluruh pulaunya. Saat ini Mento masih
bisa dinikmati sajian turisme. SKA yang sudah muncul pada tahun 40 - 50an
sebenarnya disebutkan oleh History of Jamaican Music, dipengaruhi oleh Swing,
Rythym & Blues dari Amrik. SKA sebenarnya adalah suara big band dengan
aransemen horn (alat tiup), piano, dan ketukan cepat "bop". Ska
kemudian dengan mudah beralih dan menghasilkan bentuk tarian
"skankin" pada awal 60an.
Musik reggae memang mempunyai sejarah yang panjang. reggae tidak hanya sebuah jenis musik bertempo lambat dengan vokal berat saja, tapi juga berhubungan erat dengan kepercayaan, identitas, dan simbol perlawanan terhadap penindasan.
Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentakan badan orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, soul, rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba), dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento yang kaya dengan irama Afrika.
Musik reggae sendiri pada awalnya lahir dari jalanan Getho (perkampungan kaum Rastafaria) di Kingston, ibu kota Jamaika. Itulah yang menyebabkan gaya rambut gimbal menghiasi para musisi reggae awal dan lirik-lirik lagu reggae sarat dengan muatan ajaran Rastafari, yakni kebebasan, perdamaian, dan keindahan alam, serta gaya hidup bohemian.
Masuknya reggae sebagai salah satu unsur musik dunia yang juga mempengaruhi banyak musisi dunia lainnya, dan membuat aliran musik satu ini menjadi barang konsumsi publik dunia. Gaya rambut gimbal atau dreadlock serta lirik-lirik ‘Rasta’ dalam lagunya pun menjadi konsumsi publik. Dengan kata lain, dreadlock dan ajaran Rasta telah menjadi produksi pop, menjadi budaya pop, seiring berkembangnya musik reggae sebagai sebuah musik pop.
Di Indonesia, beberapa nama yang terkenal dalam dunia musik reggae antara lain Tony Q, Steven & Coconut Treez, Joni Agung (Bali), New Rastafara, dan Heru ’Shaggy Dog’ (Yogyakarta). Banyak yang tidak tahu sejarah reggae di negeri ini. Bahkan musisi reggae di sini mungkin yang kurang paham jika ditanya siapa band awal mula yang pertama kali memainkan musik reggae.
Sekitar tahun 1986, musik reggae mulai dikumandangkan di Indonesia. Band itu adalah Black Company, sebuah band dengan genre reggae. Kemudian beberapa tahun kemudian muncul Asian Roots yang merupakan turunan dari band sebelumnya. Lantas ada pula Asian Force, Abresso dan Jamming.
Kini keberadaan musik reggae di Indonesia terkesan tersingkirkan. Apalagi kesan yang diperoleh ketika seseorang melihat penampilan para musisi reggae yang terkesan urakan dan tak mau tahu dengan kondisi orang lain. Bahkan, ada idiom yang hingga kini membuatnya semakin tersingkir adalah: reggae identik dengan narkoba.
Entah idiom itu benar atau tidak. Yang jelas, kesan minor yang diterimanya turut serta menenggelamkan reggae di antara musik-musik baru di dunia.

Selasa, 23 Maret 2010

Steven & Coconut treez Tersenyum kembali

mendekatlah kepadaku tanpa bimbang

berilah senyummu yg tlah lama hilang

mendekatlah kau padaku tanpa bimbang

berilah senyummu yg hilang


* kau tahu ku selalu ada di sini

   saat kau tak mampu tuk usir sepi

   kau tahu ku selalu ada di sini

   saat kau tak mampu tuk usir sepi


mungkin ada yg ingin kau ungkapkan

tentang yg terjadi dan menyiksa hatimu

karna kau terlihat tak seperti biasanya, yee

penuh tawa canda dan selalu bahagia, huu


** tak seperti biasanya

     kau tak seperti biasanya

     kau tak seperti biasanya

     yg selama ini ku kira


reff: ku ingin kau tersenyum kembali

setelah apa yg kau alami

hilangkan benci dalam hati


ku ingin kau tertawa kembali

karna ku selalu ada di sini

saat kau tak mampu usir sepi


repeat *


mungkin ada yg ingin kau ungkapkan

tentang yg terjadi dan menyiksa hatimu


repeat **

repeat reff


semua yg telah lalu

semua yg telah terjadi

oh lepaskan saja, lepaskan

bebaskan, oh bebaskan saja semua

ku ingin kau jadi seperti yg ku tahu


repeat reff


Tony Q rastafara Woman

Kamu terlihat diruangan tamu

Wajahmu ada dikamar tidur

Senyummu terlintas di ruang makan

Kau ikuti aku ke kamar mandi


Woman you make me feel so good

Woman you make me feel so bad

Woman you make me cry

Woman you make me laugh


Kau ada dimana-mana

Dimana aku berada

Kau telah merasuk jiwa

Your always on my mind


Woman you make me feel so good

Woman you make me feel so bad


Kamu bersarang didalam hati

Wajah mu lengket dlm dompet

Senyum mu slalu mencuci otak ku

Kau ikuti aku ke kamar mandi



Woman you make me feel so good

Woman you make me feel so bad

Woman you make me feel confused

Woman you make me life


Shaggy dog Hey cantik

satu hal yg paling ku suka dari dirimu

adalah ketika ku pandang kedua bola matamu

oh tak bosan tak jemu-jemu kan kupandang selalu

di saat engkau dekat atau jauh


   sayang seribu sayang kau ada yg punya

   ku selalu bermimpi tuk bisa memilikimu


reff: hei kamu yg cantik jangan berpaling dahulu

aku masih ingin memandangmu

hei kamu yg cantik kuingin dekat denganmu

tapi ku takut dengan pacarmu


   sayang seribu sayang kau ada yg punya

   ku selalu bermimpi tuk bisa memilikimu

   kuambilkan bulan bila memang kau mau

   apa saja cantik tuk bisa mendapatkanmu


repeat reff


Sabtu, 20 Maret 2010

Steven & Coconut treez Pesta pora

Hari ini memang hari yang indah

Tuk kita jalan bersama

Mari kita ciptakan suatu suasana

Suasana yang gembira


Dan lepaskan beban di hati

Karna ku tau kau tak sendiri

Dansa bersama bidadari

Let get the party, let get the party…


Reff:

Woyyoo woyyoo

Yuk kita pesta pora

Woyyoo woyyoo

Hilangkan duka lara


Kadang hidup ini memang susah

Tapi jangan dibikin susah

Yo kita jalani saja semuanya

Ambil aja enaknya


Dan lepaskan beban di hati

Karna ku tau kau tak sendiri

Yow mendingan kita happy

Ke reggea party, ke reggea party…


To reff:

Tony Q rastafara Pesta pantai

angin laut semilir bertiup

suara ombak di tepi pantai

goyang kaki, kaki telanjang

asik nian ikuti irama musik


pesta pantai

perta pantai

pesta pantai

perta pantai


intro:


enaknya suasana damai cipta terasa

bahagia datang hilang semua problema

tatap pandang senyuman kekasih

melengkapi arti


pesta pantai

perta pantai

pesta pantai

perta pantai


intr:


kaki kaki telanjang bergoyang goyang

kaki kaki telanjang bergoyang goyang


angin laut semilir bertiup

suara ombak di tepi pantai

goyang kaki, kaki telanjang

asik nian ikuti irama musik


pesta pantai

perta pantai

pesta pantai

perta pantai

Tony Q rastafara Dont worry

mentari pagi beri salam lagi

suara burung ku sambut hari berganti

bob marley masih bernyanyi don’t worry uyeah..


jalani semua dengan apa adanya

biarlah waktu bicara bawa takdirnya

yo kita lapangkan dada

don’t worry uyeah….


buatlah hidup ini seindah mungkn

gk perlu disesali

bikin saja happy

mengalir nikmati jangan beban di hati

yo kita nyanyi bersama


don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….


intro: over tune


jalani semua dengan apa adanya

biarlah waktu bicara bawa takdirnya

yo kita lapangkan dada

don’t worry u yeah….


buatlah hidup ini seindah mungkn

gk perlu disesali

bikin saja happy

mengalir nikmati jangan menyiksa diri

yo kita nyanyi bersama


don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

don’t worry u yeah….

Tony Q rastafara Paris van java

Najan teu kedal nabasa

Najan geus nteu ka samper lila

Hate teu weleh rumasa

Ingat carita bahelula


(*)

Mangsa keur ngaji rumasa

Ngeunteung rasa jeung kabisa

Ngora can gede kaera

Teu ngerasa di Bandung loba baraya


Aya isuk keur patukeur beja

Aya beurang keur silih teangan

Aya peuting nu pinuh ku bagja

Aya di Bandung semangat Asia-afrika


(Ey!)

Paris van Java.. Paris van Java

Walau berubah tak akan kulupa


Paris van Java.. Paris van Java

Perjalanan indah.. tanah Sunda


(instrumental)

kembali ke (*)

Steven & Coconut Treez Sunset

Intro: G  Bm  C  D (2x)  G  Bm  C  Cm (2x)


G                      Bm                         C

Kunikmati mentari yang mulai menepi


Cm                      G

Dan perla…han meng…hilang


Bm

Dan senja jingga dekapku


C                   Cm

Damaikan hati, buatku melayang


G                Bm                       C

(*)    Dan bila harus kuakui adanya  yeah…


Cm

Tentang yang t’lah terasa


G                           Bm                      C

Dan tak ‘kan ku ragu kuakui adanya  yeah…


Cm

Tentang yang kupercaya


G                          Bm

Reff: Sunset yang tenggelam…


C           Cm

Tak ‘kan seindah tanpa kau disini


G                        Em

Sunset yang terbenam


C              Cm

Tak ‘kan se…jingga tanpa kau disini


Interlude: G  Bm  C  D (2x)


Kembali ke: (*), Reff (2x)


Interlude: G  Bm  C  D (2x)


Coda:


G                           Bm

Dan tak ‘kan ku ragu kuakui adanya


C                          D                        G

Semua yang terasa ‘kan kupercaya


G                           Bm

Dan tak ‘kan ku ragu kuakui adanya


C                          D                         G

Semua yang terasa ‘kan kupercaya    (Fade Out)

Steven & Coconut treez Cinta damai

Kau bicara tentang damai

Kau bicara tentang cinta

Tapi semuanya cuma palsu belaka


Kau cuma asal bicara

Kau buat semua sengsara

Kau tebar fitnah dan semuanya terluka


Hingga kini kami kecewa

Kalian yang kami percaya

Saling berdusta


Adakah sedikit waktu bicara tentang cinta

Daripada kau saling menghina dan tanpa tenggang rasa

Adakah sedikit waktu bicara tentang damai

Dari pada kau saling menghina dan tanpa tenggang rasa


Hingga kini kami kecewa

Kalian yang kami percaya

Saling berdusta


Adakah sedikit waktu bicara tentang cinta

Daripada kau saling menghina dan tanpa tenggang rasa

Adakah sedikit waktu bicara tentang damai

Daripada kau saling menghina dan tanpa tenggang rasa

Steven & Coconut treez Bebas merdeka

Banyak yang bertanya

aku ini mau jadi apa?

nggak kuliah juga nggak kerja

tapi kujawab inilah aku apa adanya


tapi jangan kira

aku gak berbuat apa-apa

aku berkarya dengan yang ku bisa

dan yang penting aku bahagia


yang penting aku gak nipu

gak bikin susah kalian

yang penting gak terlibat

3, 7, 8 ….


(*) ==> 2X

kujalani apa adanya

aku bahagia

bebas lepas tanpa beban

aku merdeka


huoo.. yo.. yo.. yo..

na..na..na..na…


yang penting aku gak nipu

gak bikin susah kalian

yang penting gak terlibat

3, 7, 8 ….


back to (*)


yooo … bebas merdeka.. ==> 2X

Selasa, 02 Maret 2010

SEKILAS TENTANG TONY Q RASTAFARA

Pria asal kota Semarang Jawa Tengah, terlahir dengan nama Tony Waluyo Sukmoasih. Memulai karier bermusiknya sejak tahun 1989 dengan band Roots Rock Reggae. Biasa manggung dari kafe ke kafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah bergabung dan membentuk banyak band reggae seperti Exodus Band, Rastaman Band, hingga akhirnya pada tahun 1994 membentuk band yang cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia pada masa itu yaitu Rastafara. Bersama Rastafara sempat merilis dua album “Rambut Gimbal” pada tahun 1996 dan “Gue Falling In Love” pada tahun 1997.

Hampir semua lagu-lagu di album tersebut diciptakan sendiri oleh Tony Q,lirik lagunya kebanyakan bercerita tentang tema sosial, kemanusiaan, cinta dan tema kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satu lagunya yang cukup populer pada masa itu adalah ”Rambut Gimbal” sebuah istilah untuk style rambut Dreadlock dalam bahasa asing yang kemudian secara tidak langsung dijadikan istilah dalam bahasa Indonesia dan menjadi populer dikarenakannya lagu tersebut. Perbedaan Rastafara pada saat itu dengan band reggae lainnya adalah karena mereka berhasil memasukan dan memadukan unsur-unsur musik tradisional dengan gaya khas Indonesia kedalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae dunia seperti Bob Marley, UB40 atau Jimmy Cliff. Penggunaan alat-alat musik tradisional seperti Kendang sunda atau Gamelan jawa juga ikut menambah warna musik Indonesia didalam lagu-lagu Rastafara. Dan pada aransemen musiknya sepintas juga terlihat unsur-unsur musik melayu atau bahkan musik khas daerah sumatera utara dan sumatera barat.

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam bermusik, hingga akhirnya Tony Q memutuskan untuk membentuk band baru dengan tetap membawa nama Rastafara. Maka pada tahun 1998 terbentuklah Tony Q & New Rastafara, dengan format band additional player. Tetapi kemudian Tony Q memutuskan untuk bersolo karier dengan tetap membawa nama bandnya Tony Q Rastafara, yang berhasil merilis album pada tahun 2000 yaitu ”Damai Dengan Cinta”. Pada album ke tiganya ini lah Tony Q mulai menapaki puncak kariernya dalam musik reggae di Indonesia, karena album inilah seorang Professor di bidang musik dari Canada memberikannya referensi untuk mengirimkan demo untuk ikut dalam ajang Bob Marley Festival di Amerika. Pihak penyelenggara Festival tersebut menyukai lagu-lagu yang ada di album tersebut dan kemudian mengundang Tony Q untuk tampil diacara tersebut pada tahun 2002, tapi sayang sekali Tony Q beserta rombongannya tidak mendapat izin visa dari Kedutaan Amerika dikarenakan alasan keamanan terkait dengan Tragedi WTC 11 September di Amerika yang terjadi berdekatan dengan rencana keberangkatan Tony Q ke Amerika.

Pada tahun 2003 albumnya yang ke empat berjudul ”Kronologi” di rilis, lagu pada album tersebut merupakan kumpulan dari beberapa lagu dari album-album sebelumnya dan juga beberapa lagu yang belum sempat dirilis. Kemudian pada tahun 2005 Tony Q kembali merilis albumnya yang terbaru bertitel ”Salam Damai” dengan membawa misi dan visi yang ingin disampaikan tentang perdamaian, dalam album ini Tony Q mencoba menggabungkan musik reggae dengan unsur musik orchestra tetapi tidak lupa memasukan unsur tradisional bahkan pada album ini terdapat juga lagu-lagu dengan lirik bahasa sunda dan jawa yang semakin menambah kental unsur tradisional Indonesia dalam musik reggae.

Prestasi terbaru yang diraih oleh Tony Q di penghujung tahun 2005 adalah masuknya salah satu lagu dari album ketiganya ”Damai Dengan Cinta” yaitu ”Pat Gulipat” ke dalam Album kompilasi musik dunia Putumayo World Music dengan titel ”Reggae Playground” yang rencananya akan dirilis secara Internasional pada bulan Februari 2006. Sebagai satu-satunya wakil dari benua Asia hal ini juga tidak saja mengaharumkan nama Tony Q sendiri tetapi juga nama Indonesia di mata dunia dan khususnya Musik Reggae ala Indonesia juga dapat lebih dikenal secara Internasional.

SEJARAH MUSIK REGGAE

Kata reggae sebenarnya berasal dari logat afrika dari kata “ragged” yaitu gerakan seperti menghentak badan saat orang menari dengan iringan musik ska atau reggae. Reggae sendiri dipengaruhi oleh musik R&B, ROCK, CALYPSO,RHUMBA serta musik khas jamaika yang disebut mento. Irama reggae sendiri berasal dari musik ska, yang cenderung memberi tekanan pada nada-nada lemah serta hentakan ritmik drum yang komplek. Tetapi ada yang membedakan musik ska dengan reggae,yaitu tempo musik reggae sedikit lebih lambat dan menonjolkan vocal yang yang berat seperti pada musik-musik chant serta diiringi oleh tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari rastafari.
Mengapa musik reggae itu terkesan dengan penampilan yang nggimbal ataupun lusuh? Kita telaah saja dari asal-muasal musik reggae yaitu berasal dari jalanan getho”perkampungan kaum rastafarian” di daerah jamaika. Mungkin hal itulah yang menyebabkan gaya rambut gimbal menghiasi para musisi di awal perjalanannya dan sarat dengan ajaran-ajaran rastafarian yang meng ”idealisaikan” kebebasan, perdamaian, keindahan ala dan gaya hidup bohemian.
Di indonesia sendiri,

musik ini di pelopori oleh imanez kemudian di susul oleh bung tony q. Musik yang dibawakan oleh keduanyapun sungguh kental dengan gaya-gaya musik bohemian, dengan irama real reggae, beliau sanggup mewarnai jajaran musik indonesia. Dia pun mucul sebagai pelopor band-band reggae lain, seperti steven and coconut trees yang mengusung musik reggae yang lebih modern. Jadi buat orang-orang yang masih awam dengan musik ini, janganlah berprasangka buruk kepada orang-orang yang mencintai musik ini (termasuk saya)hehehehehehe. Mungkin penampilan mereka terlihat apa-adanya dan agak berantakkan tetapi sesungguhnya dibalik itu semua terdapat filosofi-filosofi dari unsur kesederhanaan, kebebasan dan perdamaian